Peluang Lokalitas Yogyakarta

Dina Tri Wijayanti
18107030091
#tugascoolyeah
***


Peluang Lokalitas Yogyakarta
Live Instagram Yogie prabowo @yogie_bartolomaeus dan Rama Kertamukti @kawanrama
Towil - Banguncito, Sentolo
-
Yogyakarta selalu direpresentasikan dengan Malioboro. Jika ditelisik lebih lanjut, apalagi di daerah Bantul, kota ini memiliki potensi yang menjual. Bantul memliki banyak ruang industri terbuka.
Lalu, lokalitas di masa krisis identitas kini menjadi satu alternatif, dengan sifatnya yang dinamis. Sehingga masyarakat pun membuat suatu identitas lokal, mengenali diri sendiri, lalu mengenal lingkungan untuk menjalin relasi. Local wisdom menjadi peluang usaha yang masih sangat luas. Kemudian dengan dasar usaha pariwisata, lokalitas memiliki daya jual.
Segala peluang itu dibaca oleh Yogie Prabowo. Ia gemar bersepeda. Sehingga dari hobi itulah ia bergabung dengan paguyuban ontel di Yogyakarta. Kemudian berawal dari tekadnya untuk belajar bahasa Inggris, pengalaman kerja dan pertemuannya dengan banyak orang menuntutnya untuk menambah wawasan global. Dengan modal pengetahuan, Yogie pun memulai peruntungan.
Ia menerapkan glocal, local marketing. Hobi ontelnya tadi ia manfaatkan untuk wisata. Kepaada para turis, ia menawarkan sesuatu yang beda sebagai daya tarik. Base usahanya adalah tour and travel, dengan gimmick lokal. Selain itu kontennya yang ia coba tawarkan selalu lebih mendalam, ia mencoba pendekatan dengan menyentuh kemanusiaan tamu lewat budaya. Akhirnya ia banyak diajak kerjasama dengan travel agency untuk memperluas programnya.
Dalam lokalitas, terdapat satu kekuatan komunal yang solid. Mereka saling membantu. Dalam membaca peluang pasar, perlu digali sisi uniknya. Lalu memanfaatkan relasi yang ada untuk menawarkan keunikan tersebut. Tak lupa, menurut Yogie ketika ide telah dijalankan, maka perlu mencari kawan usaha yang juga sama-sama diuntungkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sedap Malam

Understanding Love?

Kenapa Saya Membatasi Akses "Begitu Saja" di Internet?